Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Sabtu, 17 September 2011

Jenis Batuan

Semua bahan yang membentuk lapisan kulit bumi disebut batuan. Berdasarkan proses pembentukkannya jenis batuan terdiri dari batuan beku, batuan endapan (sediment), batuan malihan (metamorf).

1.    Batuan Beku
       Batuan beku terbentuk dari magma yang membeku. Batuan ini terjadi Ketika magma naik ke permukaan bumi temperatur dan tekanannya Semakin berkurang, sehingga benda yang cair dan liat berubah menjadi Padat berbentuk kristal.

2.    Batuan Endapan ( Sedimen)
       Batuan sedimen adalah jenis batuan yang terjadi karena proses pengendapan (sedimentasi). Batuan sedimen terutama berasal dari batuan beku yang lapuk karena faktor-faktor penyinaran matahari, hujan, pendinginan, aliran air, pukulan gelombang , hewa, tumbuhan dan manusia.

3.    Batuan Malihan (Metamorf)
       Batuan metamorf adalah jenis batuan yang berasal dari batuan beku dan dan batuan sedimen. Karena pengaruh tenaga alam, yaitu suhu dan tekanan udara, dalam jangka waktu tertentu sifat batuan-batuan tersebut berubah. Perubahan sifat batu-batuan tersebut dikarenakan terjadinya diagenesa dan metamorfosis.   

      Diagenesa adalah perubahan sifat batuan karena suhu dan tekanan yang tidak tinggi. Sedangkan Metamorfosis adalah sifat perubahan wujud sehingga bentuk dan susunan yang semula tidak nampak.

Semoga bermanfaat bagi para pengunjung terutama para pelajar... nantikan postingan selanjutnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Making Money With Article