Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Sabtu, 17 September 2011

Dampak Positif dan Negatif Tenaga Endogen dan Eksogen

Kegiatan pembentukan muka bumi karena tenaga endogen memiliki dampak positif berikut ini:

  1. Sebuah gunung yang meletus akan mengeluarkan magma yang menjadi lava. Lava ini bila membeku selama  beberapa tahun akan menjadi lahan pertanian yang subur.
  2. Gejala diatropisme seperti patahan dapat menghasilkan bentuk muka bumi yang unik dan indah, sehingga dapat dijadikan objek wisata, contohnya Ngarai Sihanok di Sumatera Barat.
  3. Magma yang dikeluarkan oleh gunung berapi memuntahkan bahan tambang dan bahan mineral yang terdapat di dalam bumi, akibatnya wilayah sekitar gunung berapi menghasilkan berbagai jenis bahan tambang dan batuan yang bernilai ekonomis.

Sedangkan pembentukan muka bumi karena tenaga eksogen memiliki dampak positif berikut ini:


  • Aktivitas pelapukan dapat menghasilkan bentuk muka bumi yang unik dan indah, sehingga dapat dijadikan objek wisata, contohnya : Grand Canyon (Amerika Serikat), Ayers Rock (Australia)
  • Proses Sedimentasi menghasilkan daratan yang subur. contoh: Sungai Chao Phraya melalui dataran rendah alluvial di Bagian Tengah Thailand
Kegiatan pembentukan muka bumi karena tenaga endogen memiliki dampak negatif berikut ini :
  1. Letusan gunung akan mengeluarkan lava dan menyemburkan awan panas, debu akibatnya akan merusak wilayah yang ada di sekitarnya seperti: hutan, lahan pertanian dan pemukiman penduduk.
  2. Gempa bumi yang sumber gempanya berada di dekat permukaan tanah mengakibatkan rusaknya berbagai bagunan, bila sumber gempanya berada di dasar laut akan menyebabkan tsunami yang dapat merusak kehidupan di sekitar pantai.
  3. Gempa bumi  yang terjadi di sekitar pegunungan salju dapat menimbulkan longsoran salju yang sangat merusak.
Kegiatan pembentukan muka bumi karena tenaga eksogen memiliki dampak negatif berikut ini :
  1. Erosi yang terjadi secara besar-besaran dapat menyebabkan hilangnya kesuburan tanah.
  2. Erosi pada daerah pantai menyebabkan berkurangnya luas lahan pantai.
Upaya penanggulangan yang perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan yang ditimbulkan oleh pembentukkan muka bumi akibat tenaga endogen dan eksogen :
  1. Merancang dan membuat bagunan tahan gempa
  2. Membuat tanggul-tanggul pemecah ombak untuk mencegah abrasi
  3. Membangun stasiun pengamatan gunung berapi yang berfungsi untuk memantau aktifitas gunung berapi dan mengumumkan tingkat bahaya yang ditimbulkannya kepada masyarakat di sekitarnya agar dapat mengurangi korban jiwa.
  4. Melakukan kegiatan reboisasi untuk menjaga kesuburan tanah dan kelestarian ekosistem
Semoga bermanfaat bagi para pengunjung terutama para pelajar... nantikan postingan selanjutnya...

2 komentar:

  1. TADINYA AKU SUDAH PASRAH DALAM BERMAIN TOGEL TAPI SETELAH SAYA MENDAPATKAN NO HP.ki`jayabaya 0823`2545`5578 DI INTERNET SAYA BISA BANGKIT LAGI & SELURUH HUTANG-2 Saya BISA SAYA LUNASI INI SEMUA BERKAT ki`jayabaya SEANDAINYA SAJA SAYA TIDAK BERGABUNG BERSAMA a`ki Saya Tdk TAU BISA APA JADINYA.Saya SANGAT BERSYUKUR BISA BERGABUNG BERSAMA BELIAU JIKA ANDA INGIN SEPERTI Saya SILAHKAN SAJA ANDA BERGABUNG KEPADA ki`jayabaya AKU SUDAH BUKTIKAN SENDIRI KE HEBATANNYA WASSALAM.

    BalasHapus
  2. Kegiatan pembentukan muka bumi karena tenaga endogen memiliki dampak positif berikut ini:

    Sebuah gunung yang meletus akan mengeluarkan magma yang menjadi lava. Lava ini bila membeku selama beberapa tahun akan menjadi lahan pertanian yang subur.
    Gejala diatropisme seperti patahan dapat menghasilkan bentuk muka bumi yang unik dan indah, sehingga dapat dijadikan objek wisata, contohnya Ngarai Sihanok di Sumatera Barat.
    Magma yang dikeluarkan oleh gunung berapi memuntahkan bahan tambang dan bahan mineral yang terdapat di dalam bumi, akibatnya wilayah sekitar gunung berapi menghasilkan berbagai jenis bahan tambang dan batuan yang bernilai ekonomis.

    Sedangkan pembentukan muka bumi karena tenaga eksogen memiliki dampak positif berikut ini:


    Aktivitas pelapukan dapat menghasilkan bentuk muka bumi yang unik dan indah, sehingga dapat dijadikan objek wisata, contohnya : Grand Canyon (Amerika Serikat), Ayers Rock (Australia)
    Proses Sedimentasi menghasilkan daratan yang subur. contoh: Sungai Chao Phraya melalui dataran rendah alluvial di Bagian Tengah Thailand
    Kegiatan pembentukan muka bumi karena tenaga endogen memiliki dampak negatif berikut ini :
    Letusan gunung akan mengeluarkan lava dan menyemburkan awan panas, debu akibatnya akan merusak wilayah yang ada di sekitarnya seperti: hutan, lahan pertanian dan pemukiman penduduk.
    Gempa bumi yang sumber gempanya berada di dekat permukaan tanah mengakibatkan rusaknya berbagai bagunan, bila sumber gempanya berada di dasar laut akan menyebabkan tsunami yang dapat merusak kehidupan di sekitar pantai.
    Gempa bumi yang terjadi di sekitar pegunungan salju dapat menimbulkan longsoran salju yang sangat merusak.
    Kegiatan pembentukan muka bumi karena tenaga eksogen memiliki dampak negatif berikut ini :
    Erosi yang terjadi secara besar-besaran dapat menyebabkan hilangnya kesuburan tanah.
    Erosi pada daerah pantai menyebabkan berkurangnya luas lahan pantai.
    Upaya penanggulangan yang perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan yang ditimbulkan oleh pembentukkan muka bumi akibat tenaga endogen dan eksogen :
    Merancang dan membuat bagunan tahan gempa
    Membuat tanggul-tanggul pemecah ombak untuk mencegah abrasi
    Membangun stasiun pengamatan gunung berapi yang berfungsi untuk memantau aktifitas gunung berapi dan mengumumkan tingkat bahaya yang ditimbulkannya kepada masyarakat di sekitarnya agar dapat mengurangi korban jiwa.
    Melakukan kegiatan reboisasi untuk menjaga kesuburan tanah dan kelestarian ekosistem

    BalasHapus

Making Money With Article